Site Loader

Viral marketing merupakan sebuah strategi pemasaran yang mendorong sesorang untuk menyampaikan sebuah pesan pemasaran kepada lainnya sehingga menciptakan potensi pertumbuhan eksponensial dalam paparan dan pengaruh pesan pemasaran tersebut.

Sama hal nya dengan sebuah virus, strategi viral marketing memanfaatkan perkalian cepat untuk melontarkan pesan ke ribuan individu, bahkan jutaan.

Bila dalam strategi marketing tradisional kita sering mendengar istilah “mulut ke mulut”, hal serupa juga kita kenal dalam dunia internet dengan istilah viral marketing, atau creating a buzz, leveraging the media, hingga network marketing.

Melihat beberapa fenomena yang ada saat ini terlihat mengenai bagaimana internet memiliki kekuatan untuk membuat sesuatu menjadi viral dan bagaimana bisnis online Kamu dapat mengeksplor viral marketing untuk mencakup lebih banyak orang.

Jadi Bagaimana Sebenarnya Viral Marketing Tercipta?

Begini alur kerjanya:

  1. Seseorang mendapatkan atau mempunyai ide/gagasan.
  2. Gagasan tersebut menimbulkan reaksi pada orang tersebut (ini kuncinya).
  3. Seseorang (rela atau enggan) untuk membantu menyebarkan ide tersebut.
  4. Lebih banyak orang mendapatkan ide tersebut.
  5. Setiap orang baru berpotensi untuk bereaksi terhadap ide tersebut dan membantu menyebarkan ke yang lain.
  6. Prosesnya berulang dengan sendirinya, begitu seterusnya hingga menjadi viral.

Mudah untuk melihat bagaimana pertumbuhan ini dapat terjadi secara eksponensial – dan menyebar layaknya sebuah  virus – namun ide tersebut tidak akan terus menyebar dari orang ke orang bila tidak menarik reaksi dari orang lain.

Selama ide tersebut dapat dipercaya dan mampu mendorong orang untuk bereaksi dan bertindak, ide tersebut dapat terus menyebar hingga mengubah cukup banyak orang sekaligus mempengaruhi orang-orang yang awalnya tahan terhadap pengaruh dari ide tersebut.

Sama halnya seperti tren, di mana orang-orang yang menganggapnya biasa saja di awal, akan terpengaruh juga untuk menggunakannya bila orang-orang di sekitarnya sudah mulai mengadopsinya dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana viral marketing dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan popularitas dan penjualan bisnis online Kamu? Beberapa hal di antaranya adalah:

  1. Tag teman di postingan media sosial yang mengandung brand/produk Kamu.
  2. Aktif mempublikasikan postingan mengenai brand/produk dalam bentuk yang unik di media sosial.
  3. Bekerja sama dengan influencer/publisher untuk membantu pemasaran produk/brand Kamu.
  4. Membuat meme yang lucu terkait brand/produk Kamu.
  5. Polarisasi dan dorong orang-orang untuk membagikan opini yang berbeda-beda terhadap brand/produk Kamu.
  6. Gunakan strategi “mulut ke mulut” secara offline mengenai brand/produk Kamu.

Viral marketing sangat berpotensi untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan.

Saskia

Make up addict - Digital Media Enthusiast, yang terjun ke digital agency & start up sejak 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *