Site Loader

Dalam menerapkan digital marketing, kamu  perlu menyiapkan strategi atau rencana-rencana tertentu untuk mencapai hasil yang diharapkan. Tanpa strategi yang tepat, bisnis kan tenggelam dan tersaingi dengan mudah.

Berikut adalah hal yang perlu kamu perhatikan dalam menentukan strategi marketing:

  1. Menargetkan konsumen

Tentukan target konsumenmu terlebih dahulu sebelum melakukan promosi. Buat daftar taget kosumen yang terperinci untuk mempermudah. Fokuslah pada produk atau jasa yang kamu tawarkan. Menargetkan konsumen yang terlalu luas akan memberikan tantangan yang lebih besar, dan tentunya akan jauh lebih sulit untuk mencapai kesusksesan.

  1. Mengenal target konsumen lebih dalam

Selain menargetkan konsumen, strategi berikutnya agar pemasaran dapat sukses adalah dengan mengenal target konsumen lebih dalam. Kenali siapa target marketmu, semakin kamu mengenal mereka kamu akan lebih mudah mempersiapkan strategi marketing yang tepat ataupun membuat produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.

  1. Cari tahu lawan bisnis atau kompetitor

Strategi digital marketing berikutnya adalah mencari tahu lawan bisnis atau kompetitor. Jika kamu mampu mengenal lebih dalam mengenai lawan bisnismu serta strategi-strategi yang mungkin akan mereka gunakan, maka kamu bisa menerapkan teknik pemasaran atau promosi yang berbeda.

  1. Mengoptimalkan web bisnis

Website sering kali menjadi hal pertama yang akan menjadi penilaian konsumen mengenai perusahan atau produk yang kamu tawarkan. Untuk itu, agar web bisnismu mencapai potensi yang maksimal dan dapat menggaet banyak pelanggan, pastikan web tersebut memiliki tampilan yang cantik, jelas, informatif, serta menyajikan konten yang menarik. Mulailah membuat toko online sekarang. Klik https://refeed.id/ kamu dapat membangun website sendiri dengan  mudah.

  1. Menciptakan konten yang berkualitas

Konten merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam melakukan digital marketing. Konten adalah sesuatu yang digunakan mesin pencari seperti Google untuk pencarian berdasarkan kata kunci (keyword) dan mengarahkan mereka ke website bisnismu.

Konten yang baik adalah yang menarik, berisi informasi yang berguna dan menambah wawasan, serta dipublikasikan pada waktu yang tepat. Jika kontenmu memenuhi ketiga syarat tersebut, bisa dipastikan konten yang kamu buat dapat menjadi viral dengan cepat.

  1. Memilih media sosial yang tepat

Media sosial merupakan media yang cukup efektif untuk melakukan digital marketing. Namun, dalam menggunakan media sosial ini, gunakanlah media sosial yang tepat dan sesuai dengan target konsumen yang kamy tuju. Semakin banyak media sosial yang digunakan bukan berarti semakin baik, karena hal tersebut sering kali malah akan membuat fokus Anda bergeser. Misal, target matketmu lebih banyak di Instagram maka taruhlah energi dan upaya yang lebih besar di Instagram di bandingkan media social yang lain.

  1. Email marketing

Email marketing atau pemasaran berbasis email adalah teknik lain yang bisa digunakan dalam menerapkan strategi pemasaran terarah (inbound marketing). Strategi email marketing ini sangat efektif digunakan sebagai media promosi utama untuk mempengaruhi konsumen potensial ketika mereka sedang berinteraksi dengan konten tertentu dari website.

  1. Mempertahankan loyalitas konsumen

Setelah berhasil mendapatkan banyak konsumen dan meningkatkan penjualan, kamu tentunya juga perlu mempertahankan loyalitas konsumen. Menjaga konten agar tetap berkualitas, menawarkan program-progam yang menarik, serta berbagai penawaran lainnya merupakan beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar strategi digital marketingmencapai hasil yang diinginkan.

Demikianlah beberapa strategi yang bisa kamu terapkan dalam melakukan digital marketing. Semoga cara-cara di atas dapat membantu kegiatan pemasaran dan promosi dalam bisnis yang sedang kamu jalankan.

Saskia

Make up addict - Digital Media Enthusiast, yang terjun ke digital agency & start up sejak 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *