Site Loader

Masalah terbesar dalam membuat sebuah bisnis baru adalah budget yang terbatas.

Saat membangun bisnis di awal, Kamu mungkin akan berusaha mengangatur budget seminimal mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik. Dalam hal ini, biasanya biaya marketing menjadi biaya utama yang dihilangkan. Akan tetapi, tahukah Kamu bahwa tanpa adanya strategi marketing bisnis Kamu mungkin tidak dapat berkembang, karena akan sangat sulit mengenalkan suatu bisnis baru terhadap target pasar tanpa adanya promosi yang dilakukan.

Lalu bagaimana jika Kamu hanya memiliki dana yang terbatas? Memiliki dana yang terbatas bukan berarti Kamu tidak dapat menciptakan strategi pemasaran yang hebat bukan?

Saat ini terdapat banyak strategi pemasaran yang bisa Kamu coba tanpa harus mengeluarkan anggaran yang terlalu besar. Berikut adalah beberapa strategi marketing yang dapat Kamu terapkan tanpa harus menguras anggaran besar:

  1. Buat Konten Terbaik Kamu

Pernahkah Kamu mendengar pepatah yang mengatakan bahwa “konten adalah raja”? Setiap konten yang Kamu masukkan akan memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kemajuan bisnis Kamu.

Karena, seperti yang Kamu ketahui bahwa konten yang baik berpengaruh besar di dunia SEO. Semakin baik konten yang dibuat semakin besar kemungkinan website dari bisnis Kamu akan muncul di halaman pertama Google.

Semakin sering website Kamu muncul di halaman pertama dari mesin pencari, maka semakin besar calon konsumen yang akan Kamu dapatkan. Salah satu platform yang dapat digunakan dalam memaksimalkan ini adalah melalui penggunaan blog.

Blog adalah sebuah platform yang hebat untuk meningkatkan traffic ke website Kamu. Traffic inilah yang kemudian dapat menjadi calon konsumen Kamu dikemudian hari.

Pastikan Kamu secara teratur mengekspos konten yang sesuai dengan minat audiens Kamu. Semakin menarik konten yang Kamu tampilkan, semakin besar juga traffic yang akan didapatkan.

Sehingga, dengan rutin memberikan konten yang baik Kamu secara tidak langsung telah melakukan promosi tanpa harus mengeluarkan dana yang berlebihan.

  1. Daur Ulang Konten Lama Kamu

Jika Kamu memiliki blog yang sudah cukup lama beroperasi, strategi pemasaran Kamu bisa sesederhana melakukan daur ulang konten lama. Kemungkinannya, akan ada banyak orang yang belum pernah melihat artikel lama Kamu, terutama pengunjung baru di blog Kamu.

Berikan konten lama kepada pengunjung menggunakan kemasan baru! Misalnya, Kamu bisa mengubah kumpulan posting blog menjadi e-book atau merekam tutorial video berdasarkan salah satu posting blog lama Kamu. Hal ini selain efektif juga akan memudahkan Kamu di saat mulai kehabisan ide konten baru.

  1. Gunakan Teknik Infografis di Setiap Konten dan Desain Kamu

Kita tahu bahwa tidak semua orang berbakat dalam membuat desain, akan tetapi pastinya Kamu setuju bahwa setiap orang bisa membuat desain terbaiknya melalui teknik infografis. Infografis adalah apa yang ingin Kamu tekankan untuk calon konsumen.

Infografis yang baik akan bersifat sangat eye catching, mudah dicerna, dan dapat bermanfaat bagi banyak orang sehingga audience dengan sukarela melakukan share. Hindari jangan  membuat desain yang asal, dan tidak menarik!

Jika Kamu tidak terbiasa menggunakan aplikasi desain, mulailah dengan layanan murah seperti infogr.am atau visual.ly untuk mendapatkan beberapa inspirasi desain. Kamu juga dapat menggunakan Canva.com sebagai pilihan desain simple untuk desain yang lebih mudah.

  1. Mulai dengan Mengirimkan Email Marketing

Email marketing merupakan salah satu cara untuk tetap berhubungan dengan orang lain. Ini juga cara yang bagus untuk mendapatkan pengunjung baru yang dapat menjadi calon konsumen potensial bagi bisnis Kamu.

Itu sebabnya banyak bisnis, baik perusahaan besar maupun kecil cenderung meminta pelanggan untuk memberikan data berupa alamat email.

Saat Kamu telah mendapatkan database tersebut, mengirimkan email newsletter akan menjadi suatu teknik marketing yang dapat memegang peranan penting. Hal ini sehubungan dengan kebiasaan masyarakat saat ini yang terbiasa membuka email.

Bila anggaran Kamu memang ketat, kemungkinan besar Kamu tidak ingin membayar biaya bulanan yang dikenakan biaya pengelolaan email.

Ada beberapa dari mereka juga menawarkan pilihan gratis untuk bisnis dengan daftar list email dengan kuota yang lebih kecil.

Nah, masih banyak strategi marketing gratis yang dapat Kamu lakukan bukan? Keempat cara pemasaran ini tentunya tidak akan menguras dana Kamu secara berlebihan.

Namun, dengan anggaran kecil ini tentunya butuhkan waktu hingga mendapatkan hasil yang Kamu inginkan. Konsistensi juga menjadi kunci utama dalam hal ini!

Selamat Mencoba….

Saskia

Make up addict - Digital Media Enthusiast, yang terjun ke digital agency & start up sejak 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *