Site Loader

Setiap bisnis, usaha, dari tingkat ukm hingga perusahaan pasti melakukan proses marketing untuk meningkatkan penjualan, jumlah konsumen dan menghadapi persaingan. Setiap bisnis akan selalu ada kemungkinan mempunyai pesaing atau kompetitor, jika tidak cepat menggunakan teknik marketing terbaik, maka cepat atau lambat bisnis kamu akan kesulitan bersaing.

Bisnis yang sukses selalu memberi pelayanan yang terbaik kepada konsumen, berusaha meningkatkan pemasaran dengan meraih perhatian, pembelian dan loyalitas.

Berikut 7 manfaat yang bisa kamu dapat jika menjalankan Digital Marketing untuk bisnis dan konsumen mu

  1. Media Digital lebih disukai oleh konsumen Masa Kini

Faktanya sekarang konsumen lebih suka melihat-lihat di website atau Instagram karena lebih praktis.

Sebelum memutuskan memilih konsumen bisa kapan saja mengecek produk di website terlebih dahulu kemudian baru membeli, baik datang langsung ke toko atau shoping online. Pemilik toko yang belum online akan kalah dengan pemilik toko  yang juga menyediakan katalog online di website mereka.

Dengan katalog produk yang ditampilkan di website, berarti sangat membantu konsumen untuk melihat-lihat produk tanpa harus datang ke toko. Jika tertarik mungkin mereka akan datang ke toko pada saat weekend atau saat waktu luang untuk membeli.

  1. Memberikan kemudahan informasi pada konsumen

Pada waktu itu sedang mencari-cari toko kamera terdekat di lokasi tempat tinggal, dan mengecek apakah kamera yang dicari ada di toko tersebut.

Cara yang di pilih adalah searching di internet dengan mencari alamat terdekat, melihat di website dan memastikan ada produk yang sedang saya inginkan, dan mengecek jam berapa toko buka, kemudian baru mengatur jadwal untuk datang, melihat dan membeli.

Dari sini dapat terlihat eksistensi digital sangat bermanfaat sebagai sumber informasi

  1. Memberikan waktu pada konsumen

Sangat sering terjadi konsumen belum punya waktu luang untuk datang ke outlet, toko, atau butik. Tetapi dengan mempunyai media digital seperti: website, marketplace, dan sosial media, konsumen akan sangat mudah melihat produk yang dinginkan.

Melengkapi semua media digital agar bisa memberikan banyak pilihan kepada konsumen, dengan apa mereka melirik produk.

Artinya mereka akan sangat leluasa tanpa batasan waktu dan tempat untuk melihat-lihat dahulu sebalum akhirnya membeli.

  1. Toko seperti aktif 24 jam setiap hari

Media digital internet tidak terbatas waktu dan tempat. Customer dan calon customer selalu bisa mengakses media digital untuk melihat produk kapan saja mereka mau.

Mereka bisa kapan saja melihat website toko online, toko di marketplace atau di Instagram. Hal ini tidak mungkin pada toko offline yang jika malam hari pasti sudah tutup.

  1. Konsumen Kamu tidak terbatas dengan jarak

Bayangkan jika toko Kamu ada di Bali tetapi calon pembeli ada di Jawa Tengah, tentu saja mereka akan berpikir-pikir jika harus ke Bali karena mungkin jaraknya terlalu jauh dan memerlukan biaya. Dengan adanya media digital mereka bisa order dengan nyaman dari kantor atau rumahnya.

Apalagi sekarang lebih mudah dengan banyaknya metode pembayaran, kurir pengiriman, sehingga mereka tidak terlalu memikirkan jarak.

  1. Banyak pilihan media digital

Kamu tidak perlu khawatir untuk memulai menggunakan, karena tidak harus menggunakan toko online yang hargannya relatif mahal. Kamu bisa mencoba dulu menggunakan platfom toko online atau Sosial Media

Namun tidak cukup hanya membuat, hampir semua bisnis harus mengoptimalkan media digital mereka dengan cara yang biasa disebut “Digital Marketing”

  1. Biaya Digital Marketing relatif murah

Seperti di jelaskan di awal pembahasan, bahwa yang dibutuhkan pengusaha adalah marketing dengan menggunakan media digital. Setelah Kamu banyak mendapatkan keuntungan dari media digital, keuntungan selanjutnya adalah biaya marketingnya murah.

Digital marketing sendiri ada SEO, SEM, Sosial Media Ads, Endorse dan Paid Promote. Selama ini yang kita ketahui biaya iklannya jauh lebih murah dibandingkan beriklan di koran, majalah, pasang banner, atau di tv dan radio.

Sekarang pertanyaan yang sering muncul adalah Bagaimana cara memulai menggunakan Digital Marketing? Ini sering sekali muncul dari para pelaku bisnis yang belum tahu atau yang baru akan memulai bagaimana digital marketing. Ada baiknya jika Kamu konsultasikan dengan penyedia jasa digital marketing, salah satunya bisa kepada team Refeed.id

 

Saskia

Make up addict - Digital Media Enthusiast, yang terjun ke digital agency & start up sejak 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *