4 Langkah Awal Merintis Jualan Online

Agt 13, 2020

Anda baru akan memulai bisnis jualan online? Jualan online itu tidak serumit yang dibayangkan tapi tidak semudah itu juga dilakukan seperti kebanyakan orang pikir dan katakan

Bukti nyata, jika berbicara mengenai market, pasar online saat ini sedang tumbuh-tumbuhnya. Di Indonesia saja ada lebih dari 260 juta jiwa masyarakat Indonesia, sedangkan penetrasi pasar online masih di angka 50% saja. Artinya ada potensi pertumbuhan pasar online yang sangat besar!

Tergiur?

Baik, kita mulai dengan 4 langkah pemula memulai berjualan online sampai mendapatkan pembeli. Apa saja itu?

1. Tentukan Dulu Produk Apa yang Akan Di Jual yaa..

Salah satu kunci sukses Anda berjualan online pertama pilihlah produk apa yang akan Anda jual terlebih dahulu, produk Anda harus mempunyai kualitas baik karena produk itu akan memarketingkan dirinya sendiri

Perhatikan kualitas produk Anda maka Anda setidaknya tidak lagi memikirikan apa produk yang saya jual nanti akan disukai oleh pembeli atau tidak, mengecewakan tidak ya? dll

Untuk Andd dalam menentukan produk, ada beberapa hal yang bisa di lakukan, dengan melihat kualitas produknya dan bagaimana produk itu dipasarkan.

a. Melakukan Riset Produk

Pertama Lakukanlah Riset produk dari sini Anda dapat menilai apa produk yang akan di jual berkualitas atau belum, Anda bisa memulai dengan melihat bahan baku apa yang di gunakan dalam pembuatannya, bagaimana proses pengerjaannya dan hasilnya seperti apa lalu Anda dapat meminta penilaian dari beberapa orang dekat Anda untuk menilai kualitas produk yang akan Anda jual

b. Melakukan riset pasar

Setelah melkaukan riset Anda dapat beralih melakukan riset pasar, riset pasar akan dapat melihat produk apa yang dibutuhkan, yang disukai oleh masyarakat sebenarnya, dan bagaimana persaingan dengan produk lain yang sama nantinya. Riset pasar ini sangat penting bagi Anda sebagai dasar menentukan produk yang akan Anda jual. Melakukan riset pasar bisa dengan cara Anda melakukan survey kecil-kecilandengan pertanyaan -pertanyaan yang memang Anda butuhkan.

c. Melakukan tes market

Setelah Anda memiliki produk langkah selanjutnya Anda melakukan tes market. Mengapa harus melakukan tes Market? Karena untuk mendapatkan hasil akhir terhadap kriteria pemilihan produk yang tepat.

Lalu, caranya bagaimana?

Anda bisa melakukan secara offline, jual produk Anda langsung kepada teman atau kerabat dekat Anda yang sesuai dengan target market Anda atau Anda juga bisa melakukan A-B Testing dengan mengiklankan produk Anda bisa di instagram, facebok dll lalu lihatlah hasilnya, jika penjualan yang Anda lakukan bisa melebihi 50% dari target waktu penjualan Anda maka produk yang akan Anda jual memang di butuhkan oleh pasar

2. Tentukan Metode penjualan

Istilah metode penjulan di online yang biasanya dilakukan bisa sistem stok barang, sistem PO (pre-order), atau sistem Dropshiper / Reseller karena metode penjualan ini juga akan mempengaruhi strategi promosi penjualan online Anda nantinya

a. Sistem Stok barang

Sebagian pedagang menggunakan sistem stok barang. Mau itu toko offline atau online. Kelebihan jika Anda menyetok barang akan membuat Anda tidak report membuat barang atau mencari barang yang dipesan. Dengan Anda memiliki stok barang, Anda hanya akan fokus pada bagaimana barang tersebut dapat dijual dan ini tidak akan menghabiskan waktu lama di proses transaksinya karena jika ada pembeli yang memesan Anda dapat langsung mengirimkan barang Anda sesuai dengan pesanan karena produk Anda selalu ready stok dan kita tinggal menjual barang yang sudah ada.

Namun, ada kelemahannya jika Anda menggunakan sistem stok barang, bisa saja barang tersebut sepi peminat karena masalah motif, warna, ukuran yang tidak banyak orang minat

b. Sistem Pre-Order

Jika Anda menjual barang Anda dengan sistem PO (pre-order) Anda akan memiliki banyak kelebihan, Anda dapat membuat produk dalam jumlah yang sesuai dengan pesanan,dan menghindari barang sisa, tidak membutuhkan modal, karena pembeli Anda akan membayar terlebih dahulu dengan jumlah sesuai dengan kesepakatan di awal. Namun, ada sisi kurangnya juga, jika Anda memiliki jumlah order yang banyak akan membuat Anda kewalahan namun Anda masih bisa meminimalisir dengan membatasi jumlah order

c. Sistem Dropshiper/ Reseller

Sistem dropship dan reseller akan menjadi cara alternatif. Untuk Anda yang belum memiliki modal yang cukup untuk membuat produk atau menyetok sebuah produk.

Sistemnya ini, Anda fokus menjualkan barang milik orang lain, jika terjadi pemesanan, Anda harus siap menghubungi penjual dan mengirimkannya ke pembeli Anda. Sistem ini agak sedikit, namun apabila Anda tepat memilih produk dari reseller, sistem ini akan sangat efisien dan bisa tanpa modal.

3 Promosi melalui Media Sosial

Promosi akan menjadi bagian penting untuk Anda berjualan online. Bisa menggunakan platform media sosial seperti;

Facebook – ( facebook ads )

Instagram – ( Instagram Ads)

Anda bisa memulai memanfaatkan social media Anda (facebook dan instagram) untuk mempromosikan produk jualan Anda secara online.

Jika Anda ingin mendapat jangkauan pembaca yang lebih luas, Anda bisa menggunakan fitur facebook ads, Instagram ads atau jika perlu google ads.

4. Memanfaatkan Konten Marketing Online

Konten marketing adalah salah satu strategi pemasaran online, dimana kita merencanakan terlebih dahulu, membuat, dan membagikan konten yang dapat menarik audiens dan tepat sasaran, agar dapat mendorong mereka menjadi customer Anda.

Konten marketing sendiri dapat berupa informasi artikel, tips sesuatu yang bermanfaat yang berhubungan dengan produk yang akan di jual secara online.

Misalnya, Anda membuat cara bermain biola, Anda berjualan yang berhubungan dengan biola. Konten marketing yang baik dan menarik akan memberikan manfaat yang positif bagi pembaca karena dapat menambah ilmu dan wawasan kepada mereka yang membaca.

Anda yang baru memulai berjualan online mungkin akan menjadi sesuatu yang sulit dan bagi yang sudah mulai namun masih begitu saja, artinya kemungkinan ada yang salah dengan cara Anda berjualan di online.

Semoga poin-poin di atas dapat membantu Anda sebagai langkah awal untuk Anda berjualan Online. Selamat berjualan online :)

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.